dalam kategori | Tips Kesehatan

Banyak berdiri baik untuk kesehatan

Banyak berdiri baik untuk kesehatan

Studi yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa lebih banyak berdiri akan jauh lebih sehat ketimbang menghabiskan waktu dengan duduk seharian. Studi melibatkan 800 responden, dan dari pemeriksaan diketahui kalau berdiri bisa meningkatkan kestabilan gula darah, mengurangi lemak dan kolesterol jahat secara signifikan.

Dijelaskan dalam laman www.womenshealthmag.com, menyempatkan berdiri sekitar dua jam sehari akan mengurangi level gula darah sebanyak dua persen. Trigliserida (lemak yang mengalir di dalam darah) sekitar 11 persen, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Efek positif berdiri bagi kesehatan akan semakin bertambah bila Anda mengimbanginya dengan memperbanyak jalan kaki.

Sempatkan juga untuk melakukan latihan fisik setidaknya 30 menit sehari. Dengan demikian, secara tidak sadar, Anda sudah memperbanyak durasi berdiri dibandingkan duduk dalam sehari.

Hasil studi ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh American Cancer Society. Hasil pantauan kesehatan terhadap lebih dari 123 ribu orang selama lebih dari 14 tahun menunjukkan, jumlah wanita yang meninggal selama kurun waktu penelitian, 40% lebih banyak pada grup yang duduk lebih dari 6 jam sehari.

Penyebab kematian orang yang duduk lebih dari 6 jam sehari, rata-rata terkena penyakit jantung, kegemukan, diabetes, dan depresi. Penelitian tersebut juga menemukan semakin lama waktu duduk maka semakin meningkat risikonya terkena berbagai penyakit.

Studi lain yang diterbitkan dalam The American Journal of Epidemiology menemukan, duduk terlalu lama disebut hampir sama berbahayanya dengan merokok. Karena itu, untuk mengurangi risiko akibat kurang gerak disarankan melakukan latihan ringan selama 30 menit setiap harinya.

“Duduk itu baik jika dilakukan dalam waktu yang tidak berlebihan. Tapi jika berlebihan maka bisa menjadi berbahaya,” ujar Dr James Levine dalam Journal of Diabetes ketika memaparkan hasil penelitiannya.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu