dalam kategori | Pola Hidup

Ayah Perokok Berisiko Sebabkan Leukemia pada Anak

Ayah Perokok Berisiko Sebabkan Leukemia pada Anak

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa anak-anak yang ayahnya merokok memiliki risiko 15 persen lebih tinggi terkena kanker yang paling umum menyerang anak yakni leukimia atau kanker darah.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Elizabeth Milne di Telethon Institute for Child Health Research di Australia, menyurvei keluarga dengan hampir 400 orang anak yang menderita leukemia limfoblastik akut atau Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL).

Meskipun leukemia limfoblastik akut adalah kanker anak yang paling umum, menurut National Cancer Institute kanker jenis ini masih terhitung jarang karena menyerang sekitar 3 – 5 orang anak dari setiap 100.000 orang anak. Lebih dari 1.000 orang anak meninggal akibat penyakit ini setiap tahun.

Dr Milne dan rekan-rekannya membandingkan keluarga ini dengan keluarga dengan lebih dari 800 orang anak pada usia yang sama namun tidak menderita leukemia. Peneliti menemukan bahwa perilaku merokok pada ibu tidak berdampak pada risiko anak-anak untuk terserang kanker.

Tapi pada anak-anak yang ayahnya merokok pada waktu sekitar pembuahan memiliki kemungkinan 15 persen lebih tinggi terserang leukemia. Anak-anak yang ayahnya merokok sedikitnya 20 batang per hari 44 persen lebih mungkin didiagnosis mengidap kanker.

Peningkatan risiko leukemia limfoblastik akut sebesar 15 persen akan meningkatkan jumlah kasus pada anak-anak setiap tahunnya, dari 6 orang anak di antara setiap 200.000 orang anak menjadi 7 anak dari 200.000 orang anak.

“Temuan ini masuk akal. Rokok penuh dengan racun, termasuk karsinogen, sehingga tidak mungkin perokok tidak akan mengalami kerusakan pada sel-sel yang memproduksi sperma,” kata Patricia Buffler, seorang profesor di University of California, Berkeley yang tidak terlibat dalam peneltiian ini.

“DNA sperma yang mengalami kerusakan masih dapat mencapai dan membuahi sel telur, sehingga dapat menyebabkan penyakit pada keturunannya,” kata Dr. Milne seperti dilansir FoxNews.

Namun penelitian ini tidak membuktikan bahwa merokok lah satu-satunya penyebab kerusakan DNA dalam sperma dan bertanggung jawab atas meningkatnya risiko kanker pada anak-anak.

Menurut Dr Milne, ada banyak faktor penyebab leukemia limfoblastik akut, dan temuan ini hanya menemukan hubungan dengan salah satu faktor yang mungkin berkontribusi.

Dia juga menambahkan bahwa temuannya tidak dimaksudkan untuk membuat orangtua merasa bersalah. Beberapa faktor lingkungan lain juga terkait dengan besarnya kemungkinan anak-anak terserang leukimia, termasuk radiasi ion seperti Sinar-X dan paparan cat atau pestisida saat ibu hamil.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu