dalam kategori | Tips Kesehatan

Apakah Kelelahan Itu Penting?

Apakah Kelelahan Itu Penting?

Kelelahan adalah keluhan yang sangat umum, dan biasanya disebabkan oleh gaya hidup. Seseorang merasa lelah karena banyak hal: tidur malam terlalu pendek, stres, bekerja keras, dll. Kelelahan juga disebabkan penyakit yang memerlukan diagnosis dan perawatan lebih lanjut, misalnya, penyakit jantung, sleep apnea (gangguan bernafas saat tidur), hipotiroidisme, anemia, diabetes atau bahkan kanker.

Apakah Kelelahan Itu Penting?

Kelelahan adalah salah satu dari dua cara utama tubuh mengingatkan bahwa kita mempunyai persoalan. Cara lain adalah rasa nyeri. Kita biasanya memperhatikan rasa nyeri atau sakit, dan menghentikan apa yang jadi penyebabnya. Namun kita tidak memperhatikan kelelahan sama seperti rasa nyeri. Satu alasan mungkin karena kelelahan menjadi semakin buruk secara pelan-pelan, jadi kita tidak memperhatikannya.

Bagaimana Mengetahui bahwa Kita Kelelahan?

Kelelahan dapat mulai dan memburuk sangat pelan-pelan. Jika kita merasa capek bahkan setelah istirahat, kita sebaiknya bicara dengan dokter tentang kelelahan. Memberi informasi semaksimal mungkin kepada dokter. Ini akan mempermudah dia mengetahui apakah kita kelelahan, dan apa penyebabnya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat dipikirkan sebelum kita membahas masalah kelelahan kita dengan dokter:

  • Berapa lama kita capek?
  • Dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu, apakah tingkat kegiatan fisik kita berubah?
  • Bagaimana kita merasa waktu kelelahan? Apakah kita sesak napas? Otot pegal? Sulit mengingat atau memusatkan pikiran? Sulit membangun perhatian untuk kegiatan sehari-hari?
  • Kapan kita kelelahan? Apakah setelah kegiatan tertentu, seperti naik tangga? Apakah kita kelelahan waktu bangun pagi?
  • Bagaimana kita tidur? Berapa lama kita tidur setiap malam? Berapa kali kita harus bangun? Apakah sulit tidur atau sering bangun tidur karena gatal, rasa nyeri, atau masalah lain?

Dalam kebanyakan kasus, perawatan yang paling efektif untuk kelelahan adalah istirahat dan tidur yang cukup. Bila Anda masih merasa lelah meskipun sudah cukup istirahat dan tidur, beberapa perubahan gaya hidup berikut dalam rutinitas harian Anda mungkin juga membantu:

1. Berolah raga ringan di pagi hari

Berolahraga adalah suatu keharusan. Anda mungkin selalu sibuk atau jadwal Anda terlalu padat sehingga tidak menyisakan waktu untuk berolah raga. Namun sebaiknya Anda setidaknya menyempatkan setengah jam untuk berolah raga di pagi hari. Solusi apa pun tidak dapat mengkompensasi hal ini. Tubuh kita perlu berolah raga agar tetap bugar.

Anda bisa melakukan jogging atau latihan kardiovaskular ringan, berlari, bermain bulu tangkis atau latihan beban. Pada awalnya Anda mungkin merasa sedikit lelah tetapi setelah tubuh Anda terbiasa Anda akan merasa segar dan penuh energi. Sepanjang hari Anda akan berjalan lancar. Anda akan menjadi orang yang enerjik.

2. Sinar matahari.

Daripada meringkuk di tempat tidur sampai menit terakhir dan buru-buru menyiapkan diri untuk bekerja, sebaiknya Anda berjalan-jalan selama beberapa menit di luar rumah. Sinar matahari pagi akan membantu membuka pori-pori tubuh Anda dan membuat diri Anda lebih waspada dan aktif. Anda akan penuh energi dan vitalitas.

3. Sarapan.

Dalam hidup serba cepat saat ini, kita memiliki sedikit waktu luang. Kita begitu ditekan oleh waktu sehingga sering melewatkan sarapan. Untuk tetap aktif dan enerjik sepanjang hari, Anda harus menyantap sarapan sehat di pagi hari.

Jika Anda melewatkan sarapan dan hanya memakan kudapan kecil di antara pekerjaan Anda, Anda sedang mengembangkan kebiasaan buruk yang tidak hanya menyebabkan kelelahan tetapi juga menimbulkan banyak masalah kesehatan. Sarapan merupakan makanan terpenting bagi kita semua.

Sesuaikan rutinitas harian Anda sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk sarapan. Pastikan Anda tidak memakan makanan yang digoreng dan berat saat sarapan Anda. Pilihlah makanan kaya karbohidrat, protein dan serat seperti roti, bubur, buah-buahan, susu, telur dll.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu