dalam kategori | Tips Kesehatan

Antisipasi penyakit akibat banjir

Antisipasi penyakit akibat banjir

Hujan deras pada pekan ini mengakibatkan sejumlah wilayah di Indonesia mengalami banjir. Bahkan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Selain diminta waspada banjir, masyarakat juga diminta untuk waspada akan ancaman penyakit menular di saat musim banjir. Banjir yang menggenang jalan dan rumah-rumah penduduk memang rawan sekali menyebarkan penyakit. Beberapa penyakit diantaranya bersifat menular. Ada beberapa penyakit menular yang harus diwaspadai masyarakat sehubungan dengan banjir serta cara antisipasinya sebagai berikut:

1. Diare Penyakit diare disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kotor. Air banjir yang membawa lumpur dan sampah sangat berpontensi menimbulkan serangan diare. Apalagi sumber air bersih semakin sulit di dapat karena banjir. Cara mencegah: Pertama, membiasakan cuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang hajat. Kedua, membiasakan merebus air minum hingga mendidih setiap hari. Ketiga, menjaga kebersihan lingkungan, hindari tumpukan sampah disekitar tempat tinggal. Keempat, hubungi pertugas kesehatan terdekat bila ada gejala-gejala diare.

2. Demam Berdarah Demam berdarah diakibatkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Biasanya setelah musim hujan atau banjir, nyamuk ini akan berkembang biak dan mulai menyerbu manusia dan menularkan penyakit demam berdarah. Cara mencegah: lakukan gerakan 3 M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat. Segera bawa ke petugas kesehatan setempat bila muncul ciri-ciri terkena demam berdarah.

3. Penyakit Leptospirosis Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Biasanya penyakit ini ditularkan hewan kepada manusia. Di Indonesia hewan penularnya adalah tikus melalui kotoran atau kencingnya. Saat banjir tikus ini akan keluar, jadi masyarakat diminta waspada. Cara mencegah: Pertama, menekan dan hindari adanya tikus yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal, dengan selalu menjaga kebersihan. Kedua, hindari bermain air saat terjadi banjir, terutama bila ada luka. Ketiga, gunakan pelindung misalnya sepatu, bila akan ke daerah banjir. Keempat, segera berobat jika sakit dengan gejala panas tiba-tiba, seperti sakit kepala atau menggigil.

4. ISPA – Infeksi Saluran Pernapasan Akut Penyebabnya berupa bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utama, berupa batuk dan demam, jika sudah parah dapat atau mungkin disertai sesak napas, nyeri dada dan lain-lain. Cara mencegah: jaga kebersihan terutama saat mau makan atau minum. Agar tidak menular, tutup mulut ketika batuk, tidak meludah sembarangan, apalagi saat berkumpul di posko banjir.

5. Penyakit Kulit Penyakit kulit dapat berupa infeksi, alergi atau bentuk lain. Biasanya disebabkan oleh faktor kebersihan yang tidak terjaga dengan baik. Apalagi saat banjir, air yang kotor ada di mana-mana. Cara mencegah: pindah ke lokasi yang kering dan bersih. Jangan bermain air banjir, cucilah kaki atau tangan yang terkena air banjir dengan menggunakan air bersih dan sabun.

6. Penyakit saluran cerna lain, misalnya demam tifoid Disebabkan oleh faktor kebersihan makanan atau minuman. Cara mencegahnya, pastikan alat atau piring yang digunakan untuk mengolah makanan dalam kondisi bersih. Lebih baik cuci dahulu semua alat sebelum digunakan.

7. Perburukan penyakit kronik yang mungkin memang sudah diderita Hal ini terjadi karena penurunan daya tahan tubuh akibat musim hujan berkepanjangan, dan apalagi bila banjir yang terjadi selama berhari-hari. Cara mencegah, berobat jika merasa tidak enak badan. Jangan beraktivitas saat sedang banjir, apalagi saat merasa lelah atau lemas. Itulah beberapa penyakit yang perlu diwaspadai agar tidak menyerang Anda. Perhatikan kebersihan lingkungan khususnya di posko pengungsian agar keluarga benar-benar aman dari penyakit.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu