dalam kategori | Asupan Sehat

Aneka khasiat daun pepaya

Aneka khasiat daun pepaya

Pepaya adalah buah yang murah, mudah didapat dan bermanfaat bagi tubuh. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang memberikan manfaat bagi kesehatan kita tetapi daunnya juga bermanfaat. Meskipun rasanya sedikit pahit, ternyata di belakangnya tersembunyi khasiat yang luar biasa. Dan ternyata daun pepaya adalah yang paling memiliki khasiat daripada bagian pepaya lainnya. Daun muda pepaya dapat dikonsumsi dan dijadikan bahan untuk melunakkan daging lebih cepat. Daun pepaya mengandung vitamin B1, vitamin A, kalori, lemak, protein, kalsium, fosfor dan banyak zat lainnya. Berikut adalah khasiat lengkap daun pepaya:

  • Dapat digunakan sebagai obat antikanker karena kandungan getah putih yang ada pada daun mengandung suatu zat antioksidan. Namun hal ini belum dijelaskan lebih lanjut dan masih dalam proses penelitian.
  • Melancarkan pencernaan karena daun pepaya mengandung senyawa kimia karpain yang bisa membunuh organisme yang mengacaukan sistem pencernaan.
  • Dapat digunakan sebagai obat jerawat dengan menjadikan daunnya sebagai masker. Setelah ditumbuk, sari daun pepaya tersebut dapat diambil dan dioleskan pada seluruh wajah.
  • Dapat digunakan sebagai obat keputihan dengan menambahkan akar rumput ilalang dan adas pulosari lalu semuanya direbus dengan air hingga tinggal separuhnya. Setelah disaring dan harus diminum satu kali sehari secara rutin.
  • Digunakan sebagai obat flu dengan cara tiga lembar daun pepaya dilumatkan lalu diperas dan dicampur dengan garam. Minum dua kali sehari untuk anak-anak dan empat kali sehari untuk orang dewasa.
  • Sebagai peredam nyeri haid dengan cara satu lembar daun pepaya direbus bersama asam jawa dan garam secukupnya. Setelah itu saring dan tambahkan dua sendok madu untuk diminum satu kali sehari.
  • Lulur mandi dapat menggunakan pepaya sebagai bahannya. Sama seperti masker wajah, lumatkan daun pepaya lalu ambil sarinya dan balurkan ke seluruh tubuh.
  • Memulihkan orang yang terkena demam berdarah dengan cara merebus lima lembar daun pepaya dengan 600 ml air hingga tinggal 200 ml saja. Tambahkan sedikit garam dan madu dua sendok. Diminum tiga kali sehari saat masih hangat dan harus diminum secara teratur.
  • Melancarkan air susu ibu dengan cara 3 lembar daun muda diremas dan biarkan layu diatas api lalu tempelkan di sekitar payudara kecuali puting ketika masih hangat.
  • Melunakkan daging secara alami dengan cara merebus daging bersama daun pepaya. Enzim papain yang ada dalam daun dapat mempercepat lunaknya daging.
  • Sebagi obat malaria dan demam dengan menumbuk daun yang masih muda hingga sebanyak setengah gelas. Lalu tambahkan air ¾ gelas dan sedikit garam, peras dan sharing. Minum sebanyak tiga kali sehari selama lima hari berturut-turut.
  • Dapat meningkatkan nasfu makan dengan cara daun yang masih muda dan segar diblender dan tambahkan sedikit garam dan air hangat ½ cangkir. Setelah itu ambil airnya dan tambahkan madu dua sendok. Minum secara teratur hingga nafsu makan kembali normal.

Dengan daun pepaya sebagai obat tradisional, kita akan terbebas dari obat-obatan kimia yang terkadang menghasilkan efek samping. Selain itu kita akan lebih hemat dan lebih sehat karena banyaknya khasiat yang terkandung di dalamnya.

(iwan)

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu