dalam kategori | Featured, Tips Kesehatan

Anak Juga Perlu Cek Kolesterol

Anak Juga Perlu Cek Kolesterol

Pada anak yang memiliki kecenderungan genetik dengan kadar kolesterol tinggi disarankan untuk mulai melakukan pengukuran dengan tes darah sejak usia 2 tahun. Namun secara umum anak disarankan mulai memeriksakan kolesterolnya saat mereka berusia 9-11 tahun.

Rekomendasi tersebut tercantum dalam panduan terbaru untuk skrining, diagnosis dan perawatan kolesterol tinggi karena faktor keturunan atau familial hypercholesterolemia yang menyebabkan penderita mengalami serangan jantung di usia muda. Kadar kolesterol yang tinggi ditandai dengan kadar kolesterol jahat (LDL).

“Sangat penting bagi kita untuk mengetahui adanya riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga. Dengan demikian bisa dilakukan diagnosis dini karena perubahan pola makan lebih sehat sangat membantu menurunkan risiko penyakit kronik di masa depan,” kata Dr.Patrick M.Moriarty, peneliti yang terlibat dalam panduan perawatan kolesterol ini.

Di Amerika Serikat diperkiarakan terdapat 600.000 orang dengan kondisi hiperkolesterolemia dalam keluarga dan 20 persennya tidak pernah memeriksakan diri atau mendapat perawatan yang tepat.

Selain faktor pola makan dan genetik, penyakit seperti diabetes, gagal ginjal dan hipotiroidisme juga menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Akan tetapi secara umum kadar kolesterol yang tidak normal adalah karena makanan yang tidak sehat dan kurang berolahraga.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu