dalam kategori | Asupan Sehat

Alkohol, menguatkan tulang

Alkohol, menguatkan tulang

ALKOHOL tidak harus selalu dikaitkan dengan hal negatif. Tentunya jika diminum dalam takaran yang pas dan jenis yang tepat. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan tim peneliti dari Tufts University.

Mereka menemukan, minum 1 atau 2 gelas anggur atau bir setiap hari bisa membantu menguatkan tulang. Tetapi, menurut para peneliti, jenis dan takaran harus sesuai.”Minum lebih dari 2 gelas dan memilih jenis minuman keras selain angur dan bir malah bisa membuat tulang keropos,” tegas dr. Katherine Tucker, salah seorang peneliti.

Menurut Tucker, sangat sulit untuk membuat batas yang jelas antara manfaat positif dan risiko negatif alkohol.”Alkohol sangat membingungkan bagi orang-orang, karena alkohol mempunyai dampak yang berbeda dalam hal yang berbeda,” terang dia seperti dikutip oleh foxnews.com. Misalnya, lanjut dia, walaupun alkohol bisa mencegah penyakit jantung tetapi alkohol juga meningkatkan risiko kanker payudara.

Akan tetapi, lanjut dia lagi, dampak alkohol terhadap kepadatan mineral tulang (bone mineral density) atau BMD, jauh lebih besar dibandingkan nutrisi lainnya termasuk kalsium.”Dampaknya sangat jelas dan tidak diragukan lagi,” tegas Tucker.

Dalam studinya, tim Tucker meneliti dampak jenis alkohol yang berbeda terhadap kepadatan tulang. Mereka melibatkan 1182 laki-laki, 1289 perempuan postmenopause, dan 248 perempuan pramenopause. Rentang usia para partisipan antara 29-86 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan, laki-laki yang minum 1 atau 2 gelas anggur atau bir setiap hari mempunyai tulang yang lebih padat dibandingkan mereka yang tidak minum. Tetapi, mereka yang minum kurang dari dua gelas atau lebih dari 2 gelas minuman keras sehari secara signifikan mempunyai BMD yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki yang minum sampai 2 gelas alkohol setiap hari.

Pada partisipan perempuan, penelitian menemukan, perempuan yang minum 2 gelas atau lebih alkohol atau anggur sehari mempunyai BMD yang lebih besar daripada perempuan yang minum kurang dari 2 gelas. Akan tetapi, terang Tucker, hal ini tidak boleh diartikan bahwa semakin banyak perempuan minum maka tulangnya akan semakin kuat.

Bir, jelas Tucker, merupakan sumber yang kaya silikon, mineral yang sangat bagus untuk tulang. Jenis mineral ini, lanjut dia, sudah jarang dijumpai dalam diet sehari-hari. Silikon ini, terang dia lagi, merupakan alasan mengapa alkohol berfungsi membangun kepadatan tulang pada laki-laki. Tetapi, lanjut dia, kesimpulan seperti ini tidak berlaku kepada perempuan karena jumlah partisipan perempuan terbatas.

Bir dan anggur, jelas dia, lebih baik dibandingkan minuman keras lainnya. Hal ini karena anggur dan bir mangandung substansi penting dari tumbuhan seperti resveratrol. Sedangkan pada minuman keras jenis lainnya, lanjut dia lagi, zat ini telah hilang melalui proses distilasi.

Selain itu, menurut Tucker, alkohol membantu menguatkan tulang dengan memicu peningkatan kadar estrogen.”Mekanisme ini juga yang mengakibatkan peningkatan risiko kanker payudara pada perempuan, bahkan pada mereka yang hanya minum dalam jumlah sedang,” terang dia.

“Pesan pentingnya, minum 1 atau 2 gelas anggur atau bir sehari akan menguatkan tulang, tetapi semua tergantung keputusan masing-masing individu,” tegas Tucker.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu