dalam kategori | Tips Kesehatan

Air jenis apakah yang baik di konsumsi?

Air jenis apakah yang baik di konsumsi?

Tahukah Anda bahwa:

  • 70% tubuh kita terdiri dari air
  • Otot kita mengandung 75 % air
  • Otak kita mengandung85 % air
  • Darah kita mengandung 82% air
  • Tulang kita mengandung 25 % air

Tubuh kita kehilangan air setiap harinya lewat keringat, air seni, dan nafas keluar. Air adalah unsur yang penting dalam tubuh kita. Kita dapat hidup tanpa makan sampai 7 minggu, tetapi kita tidak dapat bertahan kalau tidak mengkonsumsi air lebih dari 5 hari.

Banyak dari kita bahkan tidak pernah meminum air putih. Kita memulai kegiatan sehari kita dengan segelas coffe dan teh, dan meneruskan minum soda saat makan siang. Sangat sedikit dari kita mengetahui bahwa caffeine dan gula justru menghilangkan air dari tubuh kita dan lebih banyak memberikan efek samping yang tidak baik.

Keperluan tubuh akan air sangat penting. Dalam situasi jaman sekarang, banyak sekali dari kita berada dalam keadaan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Seringkali kita pergi ke dokter degnan segudang gejala, baik migraine, sakit punggung, atritis, eczema, masalah pencernaan, dan dokter memberikan segudang resep hanya utk mengurangi gejala dan keluhan tsb diatas. Sering saya mengatakan kepada pasien yang mengeluh sakit kepala, bahwa bukan paracetamol atau asetaminophen yang mereka perlukan. Saat mereka mengalami refluks asam lambung, bukan karna kekurangan Mylanta atau prilozex, tetap seringnya kondisi seperti ini mereka bisa mencoba dengan memenuhi kebutuhan air dlm tubuh mereka. Dan seringnya, dengan hanya terapi minum 1-2 gelas air bersih, kepala pusing bisa segera hilang. Air adalah segalanya bagi tubuh kita.

Seberapa banyak kita memerlukan air?

Untuk usia orang dewasa diperlukan kurang lebih 8-10 gelas dalam 8-10 jam rentang waktu. Idealnya setiap 45 menit – 1 jam kita meminum 1 gelas air bersih. Kebanyakan dari kita juga minum hanya pada saat kita sedang makan. Tidak disarankan minum terlalu banyak saat makan karena akan menguras asam hidrocloric, enzyme jus, sehingga memperlambat proses pencernaan. Tetap diperbolehkan 1 gelas kecil air dan boleh bersamaan dengan 1 irisan lemon.

Teori sebangun tidur diperlukan minum 5-8 gelas sekaligus tidak disarankan karena akan berakibat ke kamar mandi terus menerus dan juga mengakibatkan kekenyangan air atau kembung perut.. ( ga tanggung jawab lo)..

Air jenis apakah yang baik di konsumsi?

  • Air ledeng

10- 20 tahun yang lalu kita bisa masih menemukan sumber air yang bersih dari hasil galian sumur, bebas kontaminasi dari berbagai macam logam berat. Saat ini galian sumur yang terdalam pun masih diragukan kebersihannya terhadap kontaminasi logam berat dari akibat pembuangan limbah pabrik yg berefek ke air tanah. Air ledeng yang dimasak pun tidak akan menghilangkan keberadaan logam berat yang ada dalam air tersebut.

  • Air botol dalam kemasan plastik

Masalah terbesar yang ditemukan dalam air botolan adalah kemasan yang terbuat dari plastik. Kandungan polyvinyl chloride (PVC) yang sering dipakai untuk bahan plastic sangat karsinogenik (kandungan yang memicu kanker) juga penelitan yang berlangsung berhubungan dengan ketidak seimbangan hormonal, menyebabkan mandul, merusak sel organ jaringan tubuh kita.

Saya pribadi menyarankan menggunakan container gelas atau kaca dari yang terbuat dari natural product.Tidak disarankan utk meletakan botol plastic air minum di dalam mobil dan diminum kembali. Karena bahan kimia dari plastik tersebut akan bersatu dengan air yang kita minum terutama pada saat tereksposure dengan panas matahari. Konsumsilah air plastik anda dalam waktu yang singkat dan tidak disimpan terlalu lama.

  • Air reverse Osmosis

Salah satu cara terbaik dari air yang kita minum adalah air yang di saring. Antara lain adalah air reverse osmosis. Dari semua air bersih yang ada, reverse osmosis sudah bisa mencukupi utk standar air sehat. Air reverse osmosis menyaring bahan bahan seperti: klorine, fluoride, bakteri, parasite, bahan kimia, dan logam berat seperti timbal dan merkuri.

  • Air suling / air distilasi

Air suling adalah air murni yang sudah di hilangkan semua bahan kimia dan logam berat, tetapi sekaligus menghilankan kandungan mineral dlm air yang masih diperlukan tubuh kita. Disarankan kalau hendak menkonsumsi air suling, tidak dalam jangka waktu yang lama, kemudian bisa menambahkan mineral air tetes ke dalam air suling tersebut.

Terima kasih. Semoga bermanfaat

Salam sehat,

Dr Genti

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu