dalam kategori | Tips Kesehatan

Agar tak mudah sakit di musim hujan

Agar tak mudah sakit di musim hujan

Musim penghujan meningkatkan risiko seseorang jatuh sakit akibat cuaca dingin dan banyaknya virus yang terpapar. Hangatkan tubuh Anda agar tidak mudah sakit.

Jumlah virus yang mengancam mengalami peningkatan ketika musim penghujan datang. Umumnya, virus influenza.

“Musim hujan begini cuaca lebih dingin dan banyak virus flu. Umumnya, banyak orang yang menjadi lebih gampang jatuh sakit akibat terserang virus,” tutur Dr. Handrawan Nadesul saat dihubungi Okezone.

Berikut ini beberapa siasat agar tak mudah sakit di musim penghujan, seperti disarankan Handrawan.

Hangatkan badan

Musim hujan menjadikan lingkungan sekitar lebih dingin, basah, dan lembap. Suhu yang lebih dingin membuat seseorang menjadi lebih lemah.

Hangatkan badan dengan mengonsumsi makanan-makanan hangat, seperti sop dan soto, mandi air hangat, menggunakan minyak penghangat, baju hangat dan sebisa mungkin hindari terpapar air hujan.

Perbanyak gerak badan

Banyak menggerakan badan dipercaya dapat mengurangi rasa dingin. Ketika seseorang banyak melakukan aktivitas gerak atau menggerakan badannya, aliran darah dalam tubuhnya meningkat dan imunitas pun turut serta meningkat.

Sarapan

Sarapan adalah suatu hal yang sering kali disepelekan banyak orang, padahal manfaatnya sangat besar. Tubuh orang yang sarapan lebih siap menjalani aktivitas seharian yang membutuhkan energi. Hal ini sangat diperlukan bagi para pekerja.

Makan teratur

Selain sarapan, tubuh pun perlu diberikan asupan saat siang dan malam hari. Makanlah teratur dengan menu lengkap dan seimbang. Kalau perlu, biasakan di jam-jam yang sama.

Istirahat cukup

Istirahat merupakan suatu hal penting yang diberikan untuk tubuh. Gunakan waktu istirahat secara optimal agar daya tahan tubuh tak merosot, khususnya saat musim hujan.

Tidur cukup

Tubuh menghasilkan molekul protein tambahan saat Anda tidur yang membantu memperkuat kemampuan tubuh melawan infeksi dan tetap sehat. Tidur juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, pastikan Anda tidur cukup agar kesehatan terjaga dengan baik.

Hindari stres

Stres memperburuk fisik. Beban jiwa saat stres akan dihibahkan ke fisik dan menurunkan daya tahan.

Investasi sehat

Sehat itu investasi. Pasalnya, menjaga kesehatan dan kebugaran tidak bisa diraih dengan cara instan. Investasi sehat adalah menjalankan gaya hidup sehat dengan tertib. Manfaatnya memang baru akan dirasakan saat musim-musim rawan seperti ini. (tty – Okezone)

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu