dalam kategori | Featured, Tips Kesehatan

Ada Lebih Banyak Bakteri di Tangan Wanita!

Ada Lebih Banyak Bakteri di Tangan Wanita!

Mungkin Anda mengira telapak tangan wanita yang halus dan mulus lebih sehat daripada telapak tangan pria. Anda salah!

Wanita memiliki lebih banyak bakteri di telapak tangan mereka daripada pria. Perbedaan keasaman, kebiasaan mencuci tangan, produksi keringat, hormon, dan kebiasaan menggunakan pelembab atau kosmetik mungkin adalah penyebabnya. Hasil penelitian dari University of Colorado itu diterbitkan dalam the Proceedings of National Academy of Sciences, 3-7 November tahun 2008.

Telapak tangan sebagai sumber bakteri

Para peneliti menemukan lebih dari 4.700 spesies bakteri yang berbeda di telapak tangan 51 relawan yang diteliti. Jumlah itu jauh lebih besar dari yang diduga sebelumnya. Bakteri di telapak tangan lebih beragam dari yang ditemukan di lengan atau siku, atau bahkan bagian lain dari tubuh termasuk mulut dan usus.

“Satu telapak tangan membawa sekitar 150 bakteri berbeda, tetapi jumlahnya meningkat secara dramatis pada wanita. Selain itu, perempuan memiliki jauh lebih banyak bakteri. Bahkan ada juga perbedaan antara jenis-jenis bakteri di telapak sebelah kiri dan kanan,” kata kepala peneliti Fierer Noah.

Hanya 17 persen dari jenis bakteri yang sama antara telapak tangan kanan dan kiri, sementara hanya 13 persen dari spesies bakteri yang sama di antara sesama relawan, mungkin karena kondisi lingkungan, seperti produksi minyak, kekeringan kulit, dan benda yang disentuh tangan sebelumnya.

Mencuci tangan tidak mengurangi bakteri

Secara umum, mencuci tangan tampaknya tidak mempengaruhi keragaman bakteri (meskipun masih merupakan praktek yang baik, para peneliti menekankan).

“Entah bakteri kembali dengan cepat setelah mencuci tangan (setidaknya dengan metode mencuci tangan yang dipraktekkan para relawan) atau mencuci tangan tidak mengusir bakteri,” kata mereka. Hanya penggunaan gel anti-bakteri saja yang dapat mengurangi jumlah bakteri.

Tidak semua bakteri berbahaya

Berita baiknya, sebagian besar bakteri yang terdeteksi tampaknya tidak berbahaya, dan beberapa bahkan membantu dalam memerangi penyakit.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu