dalam kategori | Pola Hidup

9 pekerjaan yang rentan terpapar kuman

9 pekerjaan yang rentan terpapar kuman

Kuman penyakit dapat Anda temui dimana saja termasuk di lingkungan tempat Anda bekerja. Beberapa jenis pekerjaan lebih rentan terpapar kuman daripada pekerjaan lainnya, sehingga Anda harus lebih menjaga kebersihan diri maupun lingkungan kerja.

Seperti dilansir foxnews, berikut 9 daftar pekerjaan yang paling sering terpapar kuman penyakit, antara lain:

1. Guru
Guru menghabiskan waktunya sepanjang hari dengan berada di dekat anak-anak didiknya. Padahal anak-anak sering terpapar kuman karena kerap tidak mencuci tangan, terutama setelah menyeka hidung dan pergi ke kamar mandi atau bersin.

Hal ini dapat menyebarkan kuman ke seluruh kelas dan membuat seorang guru terpapar kuman dari murid-muridnya. Berdasarkan beberapa penelitian, guru lebih rentan terpapar kuman hingga 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan profesi lain.

2. Pekerja komputer
Menurut peneliti dari University of North Carolina setiap komputer dihuni oleh 2 atau lebih mikroorganisme. Sebuah survei oleh American Dietician Association menemukan bahwa sekitar 57 persen dari pekerja makan makanan ringan di depan komputernya dan sekitar 20 persen pekerja tidak pernah membersihkan keyboard komputernya.

3. Pekerja laundry
Pekerja laundry tentu saja harus bersentuhan langsung dengan pakaian kotor banyak orang. Karena kotornya pakaian cukup beragam, yang mungkin disebabkan karena keringat atau kotoran lain, dapat membuat pekerja laundry terpapar jutaan bakteri E. Coli setiap kali melakukan pekerjaannya pada skala besar.

4. Penjual daging
Seseorang yang akan memasak daging, diharuskan untuk merebusnya pada suhu tinggi untuk mengurangi paparan bakteri salmonella, E. coli atau listeria. Penjual daging tidak luput dari paparan berbagai bakteri tersebut karena setiap hari harus bersinggungan dengan barang dagangannya.

5. Dokter hewan
Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga menjadi tempat berkembangnya berbagai kuman dan bakteri, terutama jika sakit. Dokter hewan harus menangani hewan-hewan yang sakit, sehingga lebih mudah terpapar berbagai bentuk bakteri, virus dan infeksi jamur.

Dokter hewan juga harus bersentuhan dengan parasit, rabies, dan kotoran hewan setiap hari. Hal ini dapat menyebabkan berkembangnya penyakit seperti psittacosis, infeksi bakteri yang sering ditularkan oleh burung, salmonella, yang ditemukan dalam kotoran hewan, atau leptospirosis, infeksi bakteri yang ditularkan melalui urin.

6. Ahli forensik
Ahli forensik yang harus berurusan dengan korban kejahatan kekerasan, benar-benar harus membersihkan darah dan cairan tubuh lainnya. Paparan semua cairan tubuh mayat dianggap sebagai sumber infeksi dan dianggap bio-berbahaya.

7. Dokter
Pasien datang berobat untuk berbagai kondisi seperti batuk, pilek, diare atau ruam, yang semuanya menular. Sehingga tidak mengherankan jika seorang dokter dan perawat sering mencuci tangannya dan menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol agar selalu steril.

8. Tukang pipa
Tukang pipa harus memakai sarung tangan plastik untuk menjaga tangannya agar bebas dari kuman ketika memperbaiki toilet yang tersumbat atau kering. Tidak hanya ada kotoran di dalam toilet Anda, tetapi saluran air dan pipa juga menjadi tempat berkembang biak yang sangat baik untuk bakteri karena begitu lembab.

9. Teller bank
Uang adalah salah satu benda yang paling banyak dihuni oleh kuman, karena disentuh oleh banyak orang yang mungkin tidak cuci tangan setelah ke kamar mandi, memegang uang setelah makan atau setelah mengelap ingus dan berbagai kemungkinan lain.

Sehingga pekerja bank seperti teller yang setiap hari harus bersentuhan dengan uang, sangat rentan terhadap paparan kuman dari uang. Ilmuwan dari Jenewa menemukan bahwa strain virus H1N1 dapat hidup pada uang kertas selama tiga hari.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu