dalam kategori | Tips Kesehatan

6 metode latihan mata dan manfaatnya

6 metode latihan mata dan manfaatnya

Latihan mata dapat membantu memperkuat indera penglihatan agar terhindar dari penggunaan alat bantu penglihatan. Latihan mata sangat dibutuhkan agar terhindar dari pemakaian kacamata. Bahkan, orang dengan mata silindris, insufisiensi korvergensi dan otot mata yang lemah dapat merasakan manfaat yang besar dari latihan mata.

Melakukan latihan mata tidak hanya memperbaiki penglihatan, tetapi juga dapat mengurangi masalah yang disebabkan oleh ketegangan mata, seperti sakit kepala. Latihan mata juga sekaligus dapat meningkatkan kemampuan dan ketajaman otak, meningkatkan konsentrasi, memori dan fokus. Latihan mata tidak memerlukan waktu yang lama serta dapat dilakukan hampir dimana saja. Oleh karena itu, ikuti beberapa latihan berikut ini:

1. Metode 20-20-20
Latihan ini membuat mata menjadi lebih fous, mata tidak terasa tegang. Untuk melakukan latihan ini, cukup mengatur waktu untuk melakukan hal-hal tertentu dalam waktu 20 menit, misalnya melihat benda tertentu selama 20 menit. Untuk setiap 20 menit, lakukan tugas yang seragam, kemudian ambil 20 detik untuk berkonsentrasi pada objek lain yang berjarak setidaknya 20 kaki (6 meter) dari anda. Hal ini memungkinkan memuat mata rileks dan fous dalam jangka waktu singkat dan dapat kembali beraktivitas dengan penglihatan yang lebih jelas.

2. Memutar mata
obat mata minusLatihan ini mampu meningkatkan sirkulasi, yang juga memungkinkan peningkatan jumlah nutrisi dan aliran oksigen ke daerah mata. Menurut Chinese Holistic Health Exercises, latihan memutar mata dapat dilakukan dengan posisi duduk atau berbaring. Buka mata dan putar searah jarum jam setidaknya 20 kali. Berkedip beberapa kali dan kemudian ulangi dengan memutar mata dengan arah yang berlawanan.

3. Jarak fokus
Latihan fokus pada jarak tertentu dapat memperbaiki dan membangun kembali penglihatan anda. Setelah sekian lama mata fokus pada objek jarak dekat, seperti melihat komputer, televisi, dokumen atau objek-objek lain, luangkan beberapa menit setiap hari untuk keluar ruangan yang memungkinkan mata melihat dengan fokus pada objek yang jauh. Temukan objek terjauh yang dapat anda lihat dan fokuslah pada objek tersebut. Biarkan mata anda merasakan perbedaan fokus jarak jauh dan dekat. Ini bisa menghindarkan mata anda menjadi cacat mata menggunakan kacamata.

4. Latihan jarak pandang
Latihan ini dilakukan dengan melihat objek jarak dekat dan jauh. Tujuannya untuk melatih otot-otot di mata dapat melihat objek yang biasanya tampak buram. Tempatkan jari sekitar 15 cm dari hidung, fokus pada jari untuk melihat dengan jelas selama 5 detik. Lalu pindahkan pandangan mata pada objek dengan jarak kira-kira 600 cm selama 5 detik. Ulangi langkah tersebut dan selang-seling jarak pandangan hingga 40 kali.

5. Relaksasi
Latihan ini dilakukan dengan cara duduk di kursi dengan siu di atas permukaan bantal. Tutup mata anda dengan telapak tangan. Hal ini akan melemaskan mata dengan menggunakan kehangatan tanagan untuk menenangkan mata dan meningkatkan sirkulasi. Sebelum kedua tangan anda meletakkan pada mata, terlebih dahulu kedua tangan anda digosok sampai hangat. Setelah itu, letakkan kedua tangan anda di depan mata yang sudah tertutup. Kehangatan tangan yang sudah digosok dapat memberikan kehangatan pada mata. Perlu diperhatikan, jangan menekan mata terlalu kuat, usahakan disentuh saja. Bahu dan leher juga harus rileks, tidak terlalu tegang. Jika anda melakukannya, tahanlah tangan

6. Latihan membaca
Tujuan latihan ini dalah untuk mengisolasi dan menggunakan mata dalam membaca angka dari jarak tetap. Untuk mempraktekkan hal ini, anda duduk menghadap kalender pada dinding rumah. Pandanglah kalender sejenak, keudian tutup mata anda. Setelah itu buka mata anda untuk melhat angka-angka yang ada di kalender. Visualisasikan setiap angka dalam kepala sebelum anda membacanya. Untuk lebih maksimal lagi, gunakan satu mata dan lakukan latihan seperti di atas. Jika masih kabur melihat angka-angka dalam kalender, latihlah terus sampai dapat melihatnya dengan jelas Praktekkan latihan ini minimal 15 menit setiap hari.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu