dalam kategori | Layanan Kesehatan

17 rumah sakit rujukan untuk kecelakaan lalu lintas

17 rumah sakit rujukan untuk kecelakaan lalu lintas

Pihak Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) bersama PT Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan 17 rumah sakit rujukan, guna mempercepat penanganan korban kecelakaan lalu lintas.

“Korban kecelakaan akan cepat ditangani karena cukup tersebar rumah sakit rujukan,” kata Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Sudarmanto di Jakarta, Rabu.

Sudarmanto mengatakan, korban kecelakaan juga akan mendapatkan asuransi yang ditanggung PT Jasa Raharja, untuk biaya pengobatan di rumah sakit rujukan.

Sebanyak 17 rumah sakit rujukan korban kecelakaan terdiri dari rumah sakit umum daerah (RSUD) dan rumah sakit swasta yang tersebar pada lima wilayah hukum Polda Metro Jaya dan sekitarnya.

Sudarmanto menyebutkan, rumah sakit rujukan wajib memberikan pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan lalu lintas. Selanjutnya pihak rumah sakit dapat mengklaim penggantian biaya perawatan korban kepada PT Jasa Raharja.

Kepala Bagian Pelayanan Jasa Raharja DKI Jakarta Sri Sekardiah menuturkan, setiap korban kecelakaan harus melampirkan kelengkapan berkas permohonan asuransi korban kecelakaan, seperti surat laporan kejadian (LP) dari kepolisian, surat keterangan dari rumah sakit dan juga surat kuasa ahli waris bagi korban yang meninggal dunia.

“Berkas permohonan diserahkan ke rumah sakit kemudian diklaim ke Jasa Raharja,” ujar Sri.

Lebih lanjut, Abdul Majid staff dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan usai adanya MoU tersebut tentunya akan langsung disosialisasikan ke 17 RS rujukan. Dan apabila ke 17 RS itu tidak mau menerima korban kecelakaan maka akan diberi teguran.

“Kalau tidak mau menerima korban, ada saksinya. Yang pasti awalnya sangksi teguran dulu. Kalau korban menerima penanganan yang lama dan ada keluhan bisa telpon ke caal senter kami 24 jam di no 021- 3483511,” tegas Abdul.

Berikut ini 17 nama rumah sakit yang bisa dirujuk korban kecelakaan lalu lintas di DKI Jakarta:

1. RSUD Tarakan
2. RSAL Dr. Mintoharjo
3. RSPAD Gatot Subroto
4. RSCM
5. RS Moh Ridwan Meuraksa
6. RSUD Koja
7. RSPI Prof Dr Sulianti Saroso
8. RSUD Cengkareng
9. RSAB Harapan Kita
10. RSUP Fatmawati
11. RS Marinir Cilandak
12. RS Persahabatan
13. RS Bhayangkara Said sukanto
14. RSUD Budhi Asih
15. RSUD Pasar Rebo
16. RS Duren Sawit
17. RSAU Esnawan Antariksa.

PT Jasa Raharja akan memberikan santuan bagi korban meninggal dunia sebesar Rp25 juta per orang (kecelakaan di darat dan laut) dan Rp50 juta per orang kecelakaan di udara.

Kemudian korban luka ringan dan luka berat di darat dan laut sekitar Rp10 juta per orang dan korban luka ringan dan berat kecelakaan di udara sebesar Rp25 juta per orang.

Sedangkan, korban yang menjalani perawatan di rumah sakit, mendapatkan santunan berdasarkan total biaya perawatan.

Polda Metro Jaya mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 4.908 kejadian, 470 orang meninggal dunia, 1.311 orang luka berat dan 3.027 orang luka ringan selama Januari–Juni 2012.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu