dalam kategori | Featured, Tips Kesehatan

10 TIPS Seputar Kesehatan Pencernaan

1.                  Mengatasi rasa panas di kerongkongan

a.       Menurut direktur American Society for Gastrointestinal Endoscopy, tidur miring ke arah kiri dapat menghilangkan cairan asam yang mengalir ke kerongkongan (acid reflux) sehingga tidak terjadi rasa panas di dada yang dapat menjalar ke kerongkongan.

b.      Gangguan pencernaan seperti kembung dan rasa panas yang menjalar ke kerongkongan dapat dicegah dengan mengkonsumsi 2 genggam kismis per hari. Hal ini telah dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh The Nederland’ University of Groningen beserta lembaga-lembaga lainnya.

2.                  Mengatasi Kembung pra menstruasi

Dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan mengkonsumsi semangka, jeruk, kentang, seledri dan cantaloupe.

3.                  Mencegah perut kembung

Mencegah perut besar karena kembung dapat diatasi dengan mengurangi minuman bersoda, dan sayuran penghasil gas, seperti brokoli, kembang kol, kacang-kacangan, dan kentang. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, minum air putih dan mengkonsumsi sayuran non tepung, misalnya wortel, tomat, sayuran berdaun hijau.

4.                  Menyembuhkan sembelit

Sembelit dapat disembuhkan dengan cara alami, dengan cara mengkonsumsi daging lidah buaya. Ambil daging lidah buaya, potong-potong, tambahkan sedikit gula dan rebus hingga mendidih. Minum selagi hangat.

5.                  Mengatasi diare

Diare bukan penyakit yang serius, tetapi bisa menjadi berbahaya bila tidak ditangani dengan cepat. Usahakan jangan sampai dehidrasi dengan cara minum air lebih banyak. Jangan minum susu atau minuman yang berkafein serta jangan makan makanan yang berserat tinggi. Minumlah oralit dan periksalah ke dokter.

6.                  Memperlancar BAB

Buah mangga dapat membantu memperlancar BAB. Kandungan serat larut dari buah mangga mampu melancarkan pembuangan sampah dalam tubuh bersama dengan faces.

7.                  Kentang melancarkan pencernaan

Kentang yang kaya akan vitamin C ternyata memiliki kandungan serat kurang lebih 12% dari kebutuhan harian. Kentang merupakan salah satu asupan yang dapat melancarkan pencernaan dan memenuhi 21% vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mendapatkan khasiatnya kentang harus dimakan dengan kulitnya.

8.                  Mengatasi sakit perut

Sakit perut dapat diatasi secara alami dengan cara minum teh jahe. Teh jahe menghangatkan tubuh sehingga menenangkan saluran pencernaan. Teh jahe dibuat dengan merebus 1 jari jahe dalam 2 gelas air.

9.                  Mencegah gangguan pencernaan

Selain rasanya enak, cincau hitam atau hijau ternyata memilik banyak khasiat, misalnya mencegah gangguan pada pencernaan. Cincau kaya akan serat larut air yang sangat baik bagi kesehatan. Dapat juga menurunkan berat badan.

10.              Meningkatkan pembakaran lemak

Mengkonsumsi protein tinggi (daging sapi, ayam, ikan) dapat meningkatkan pembakaran lemak sehingga dapat menurunkan berat badan.

2 respon to “10 TIPS Seputar Kesehatan Pencernaan”

  1. fira mutha says:

    cara yang paling alami buat mengatasi sembelit?

  2. Pauro says:

    Sekedar berbagi pengalaman, kalo saya sih minum jus yang kental. Buahnya boleh apa saja, mungkin pepaya yang paling umum dikenal sebagai anti sembelit. Belum lama saya minum jus sirsak yang sengaja dibuat kental, dan memang dampaknya, selama 2 hari saya dapat kebelakang dengan sangat sukses. Boleh dicoba.. 🙂



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu