dalam kategori | Asupan Sehat

10 Manfaat Sayur Pagoda Bagi Kesehatan

10 Manfaat Sayur Pagoda Bagi Kesehatan

Namanya yang terdengar seperti bangunan arsitektur di Myanmar ini memang sedikit asing di telinga masyarakat Indonesia. Secara teksture sayur pagoda memang lebih kecil dan kaku. Warna daunya yang hijau pekat, daun yang bergerombol, secara sekilas mirip kembang kol tapi lebih kecil.

Banyak yang mengungkapkan bahwa makanan ini paling enak di tumis. Namun jika anda menginginkan untuk di sup, atau di pakai lalapan juga lumayan juga rasanya. Paling mengherankan adalah ketika anda menumisnya, tektur dan ciri khas dari sayur pagoda yang renyah tetap terjaga. Warna yang dihasilkan juga tidak berubah. Jika anda memandang dari cita rasa, sayur pagoda  ini lebih mirip rasanya dengan sawi. Namun kerenyahan masih menang telak pada sayur pagoda.

SIFAT DAN KHASIAT

1. Akar
Rasanya pahit dan sejuk. Akar bunga pagoda ampuh anti-inflamasi, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, dan menghancurkan darah beku. nyeri -kembali (sakit pinggang), nyeri rematik, paru -tuberculosis (pulmonary TB) disertai dengan batuk darah, perdarahan-wasir (hemoroid), disentri (disentri), Kesulitan tidur (insomnia), dan memar karena terbentur sesuatu yang keras.

2. Daun
Daun Pagoda panjang dan oval atau berbentuk tombak. Daunnya memiliki beberapa gerigi di pinggiran.Rasanya manis dan asam. Berwarna sedikit coklat dan berkarakter netral. Daun berkhasiat sebagai anti-inflamasi dan cairan nanah.

3. Bunga
Pada akhir musim semi dan awal musim panas, Pagoda menghasilkan bunga yang naik di atas dedaunan hijau tebal. Pagoda akan tumbuh lambat jika panas menyengat. Banyak lebah dan kupu-kupu tertarik pada bunga Pagoda. Rasanaya manis dan hangat. Berfungsi sebagai obat penenang yang kuat, serta menghentikan perdarahan (hemostatis). Bunga digunakan untuk pengobatan enhancer darah pada pasien anemia, putih, hemorrhoids perdarahan, dan Kesulitan tidur (insomnia).

Kandungan sayur pagoda

Pagoda memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan. Zat kimia ini antara lain alkaloid, kalium, iodium, dan zat samak. Senyawa ini sangat baik untuk tubuh dan menjaga kesehatan. Pada akar bunga pagoda memiliki khas dan karakteristik sifat dingin dan pahit. Kandungannya yang sangat peka terhadap anti radang, anti bacterial dan peluruh zat diuretic. Sedangkan pada daun pagoda memiliki khas manis dan hangat. Baik bekerja sebagai homeostatis. Menjaga dari pengeluaran nanah. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur pagoda bagi kesehatan tubuh :

1. Membantu mengobati gondok

Dalam kandungan pagoda memiliki kandungan garam, dimana terdapat iodium yang sangat baik bekerja pada zat gondok. Dengan begitu jika anda terkena penyakit gondok, sayur pagoda membantu proses pengobatan anda.

2. Peluruh diuretic

Dalam tubuh manusia memerlukan zat anti radang yang membantu untuk meluruhkan diuretic. Hal ini membantu menjaga kestabilan tubuh dan kesehatan.

3. Mengurangi bengkak

Manfaat sayur pagoda juga memiliki khasiat untuk mengurangi inflamasi. Pembengkakan akan lama sembuh jika tidak di bantu dengan zat yang mampu mengurangi inflamasi atau pembengkakan. Pada akarnya terdapat khasiat yang mampu menghancurkan darah yang membeku. Secara tidak langsung, cara ini mempercepat penyembuhan.

4. Sebagai pendingin luka

Kandungan dalam akar pagoda terdapat pendingin. Bagian ini memang memberikan sensasi tersendiri, rasa dingin. Sehingga banyak dipakai sebagai anti radang untuk mengurangi keparahan penyakit.

5. Baik untuk penderita insomnia

Di akar pagoda memberikan kenyamanan dan keadaan yang dingin. Hal ini memberikan kenyamanan dan kerileksan tubuh individu. Sehingga mereka lebih mudah mengantuk,dan terlelap.

Caranya adalah :

  • Ambil bunga pagoda secukupnya
  • Di tumbuk atau di haluskan sa,pai menjadi serbuk
  • Jika sudah menjadi serbuk, cukup ambil satu sendok dan campurkan pada arak manis
  • Aduk rata dan di konsumsi saat malam hari sebelum tidur

6. Mengobati TBC

Akar pagoda juga memiliki khasiat untuk mengobati TBC paru-paru. Kandunganya mampu menetralkan anti radang yang melukai atau tidak baik untuk paru-paru.

7. Mengobati hemoroid

Penyakit wasir berdarah dan berak berdarah juga mampu disembuhkan dengan menggunakan akar pagoda. Khasiat anti radang yang dihasilkan juga ampuh untuk mengobati penyakit ini.

Caranya adalah :

  • Ambil bunga pagoda secukupnya
  • Mencuci bersih bunga pagoda
  • Campurkan dengan usus sapi yang sudah di tumis
  • Setelah matang, usus sapi di makan sebagai lauk, sedangkan kuah bunga pagoda di minum

8. Baik untuk penderita anemia

Bagi penderita anemia, bunga pagoda sangat baik untuk digunakan sebagai penyembuh. Sebab memiliki khasiat sebagai penambah sel darah merah atau eritrosit yang di produksi melalui haemoglobin.

9. Baik untuk penderita keputihan

Bagi penderita keputihan mengonsumsi bunga pagoda cukup di sarankan. Sebab khasiatnya mampu membantu membunuh bakteri jahat. Kandungan anti bacterial membantu membersihkan bagian miss v anda.

10. Mengobati koreng dan bisul

Koreng dan bisul cepat di sembuhkan dengan manfaat sayur pagoda pada daun dan bunganya. Khasiat anti radang yang di hasilkan bisa mempercepat pemulihan luka dan membantu homeostatis.caranya adalah :

  • Daun dan bunga di ambil secukupnya
  • Cuci sampai bersih
  • Di tumbuk atau di giling sampai halus
  • Tambahkan dengan madu
  • Aduk sampai rata
  • Tempelkan pada bagian luka sampai kering

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu