dalam kategori | Pola Hidup

10 jenis diet terpopuler 2012

10 jenis diet terpopuler 2012

Metode diet untuk menurunkan berat badan selalu jadi topik yang menarik baik bagi pria maupun wanita. Keinginan untuk menjadi langsing, sehat dan memiliki berat badan ideal tak pernah surut dari tahun ke tahun. Hal itu juga yang membuat banyak bermunculannya pola makan baru yang diklaim bisa memberikan hasil yang cepat dan efektif.

Di penghujung tahun ini, situs Zeitgeist menganalisa diet apa saja yang paling banyak dicari sepanjang 2012 lewat pencarian di Google. Ada lebih dari 1 triliun pencarian, dan akhirnya tercatat 10 jenis diet yang terpopuler. Mulai dari diet ala Victoria’s Secret Angel, Beyonce hingga Michael Phelps masuk dalam daftar ini. Berikut selengkapnya, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Diet Michael Phelps
Diet Michael Phelps yang banyak dicari ini merupakan metode penurunan berat badan dengan mengonsumsi banyak kalori yang kemudian dibakar saat latihan berenang. Diet tersebut diterapkan Phelps saat akan mengikuti Olimpiade 2008 di Beijing. Atlet Amerika itu mengonsumsi 12 ribu kalori setiap harinya. Kalori tersebut kemudian dipakai untuk berlatih. Dalam setiap satu jam latihan, 1.000 kalori dibakar oleh atlet tampan tersebut.

2. Diet Beyonce
Diet ala Beyonce ini pertama kali terkenal ketika diva R&B itu menjalani program penurunan berat badan instan dan berbahaya untuk perannya di film Dreamgirls. Nama diet tersebut adalah Master Cleanse, yaitu pola makan yang melarang konsumsi makanan padat dan menggantinya dengan teh serta lemon yang dicampur maple syrup dan cabai. Diet ini diklaim bisa membersihkan racun-racun dan menghilangkan lemak dalam waktu cepat. Namun diet ini dikecam para nutritionist karena bisa membahayakan kesehatan. Efek yang ditimbulkan mulai dari kelelahan, pusing, dehidrasi dan kehilangan massa otot. Beyonce sendiri pun kini sudah meninggalkan pola makan tersebut.

“Tidak peduli sehebat apa trainer Anda. Dan tidak peduli program (diet) yang dijalani. Anda harus sehat dan membuat pilihan yang benar,” ungkap istri rapper Jay-Z ini.

3. Raspberry Ketone Diet
Diet ketiga paling banyak dicari ini merupakan produk penurunan berat badan yang diperkenalkan oleh Dr Mehmet Oz dalam acara televisinya. Raspberry Ketone diklaim menstimulasi produksi adiponectin, hormon yang ditemukan dalam jaringan lemak yang mampu meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme lemak. Studi menunjukkan bahwa orang kurus punya level adiponectin yang lebih tinggi ketimbang orang yang gemuk dan obesitas. Namun suplemen tersebut belum 100% terbukti benar. Karena penelitian baru dilakukan pada tikus, bukan manusia.

4. P.I.N.K. Method Diet
Metode diet ini diciptakan khusus untuk wanita. P.I.N.K. sendiri merupakan singkatan dari ‘Power, Intensity, Nutrition dan Kardio’. Heather Mangieri, MS, RD, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics mengulas program diet ini dan menemukan, ada beberapa saran diet yang baik. Misalnya mendorong wanita untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik serta mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Namun ada beberapa hal yang dirasa Heather kurang tepat.

“Banyak klaim yang terlalu berlebihan dan tidak berdasarkan penelitian. Makanan bukanlah pembakar lemak dan tidak semua orang bisa dapatkan kulit, rambut dan kuku yang lebih bagus hanya dari makanan,” ujar Heather.

5. Diet Adriana Lima
Adriana Lima terlihat sangat langsing saat berjalan di atas catwalk memamerkan koleksi terbaru Victoria’s Secret beberapa waktu lalu. Penampilannya cukup mencengangkan karena model seksi ini baru saja melahirkan anak pertamanya. Ternyata Adriana melakoni diet yang cukup ekstrem. Ia minum lima galon air putih setiap hari. Selama sembilan hari sebelum show, dia hanya minum protein shake dan bubuk telur. Dua hari sebelum show, dia minum beberapa gelas air dan 12 jam menjelang peragaan, wanita asal Brazil ini tidak minum sama sekali.

6. Miranda Kerr Diet
Dietnya banyak dicari karena dia sudah terlihat sangat langsing saat tampil di fashion show Victoria’s Secret meskipun baru melahirkan. Selain rutin yoga, rahasia tubuh seksinya adalah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat. “Aku suka makan dan menikmati makanan segar yang diproduksi organik. Aku minum air hangat dengan lemon di pagi hari dan juga banyak minum air purified yang bekrkualitas sepanjang hari,” katanya. Ditambah lagi, Miranda juga selalu makan ikan dan sayuran yang direbus.

7. NV Diet Pill
Diet ini dipopulerkan oleh Carmen Electra. Menjanjikan pembakaran lemak, membentuk tubuh dan mempercantik tampilan kulit, kuku serta air. Sayangnya, belum ada satu pun studi klinis yang membuktikan janji-janji itu benar.

8. Feeding Tube Diet
Dikenal juga dengan K-E Diet (Ketogenis Enteral Nutrition), dimana pelaku diet mengonsumsi makanan menggunakan nasograstric feeding tube. Makanan dimasukkan ke dalam tube lalu dialirkan melalui hidung dan masuk ke pencernaan. Biasanya tube ini digunakan bagi pasien yang sakit parah atau cedera sehingga tidak bisa makan dari mulut.

Diet ini hanya tersedia di klinik di Florida. Cara kerjanya dengan memasukkan makanan berlemak dan berprotein, hanya boleh berjumlah 800 kalori setiap hari dalam 24 jam. Penemu diet, Dr. Oliver R. Di Pietro membolehkan pasiennya untuk tidak makan apapun kecuali air putih, teh pahit dan kopi hitam.

9. Juicing Diet
Untuk menjalani diet ini, Anda tidak boleh mengunyah makanan. Tapi hanya minum jus buah dan sayuran selama 3-14 hari. Namun penelitian menunjukkan, pola makan ini tidak efektif. Dalam sebuah studi, pria dewasa yang puasa makan selama 8 hari memang menunjukkan adanya penurunan kolesterol, insulin dan lemak jenuh. Tapi dalam seminggu, kondisi tubuhnya kembali normal seperti sebelum memulai diet tersebut. Dengan kata lain, tidak ada satupun diet cara cepat yang dapat bertahan lama.

10. Marissa Miller Diet
Salah satu Victoria’s angel ini menjalani diet yang terbilang sehat. Dia suka memasak beras merah dan menaruhnya dalam kulkas. Ketika lapar, Marissa akan menghangatkannya kembali dengan menambahkan minyak zaitun. lemon, garam dan merica serta sayuran. Jenis sayuran yang sering dia gunakan adalah zucchini (ketimun jepang) dan bayam.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu