dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

10 Fakta Menarik tentang manfaat Telur

10 Fakta Menarik tentang manfaat Telur

Sebagai bahan makanan, telur memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh. Rasanya enak, mudah dicerna, dan cocok dikonsumsi semua golongan umur, mulai dari bayi hingga para lansia. Kelebihan lain dari telur adalah bisa diolah menjadi berbagai jenis lauk pauk yang lezat.

Untuk mengenal lebih dekat sumber gizi yang murah ini, simak 10 fakta menarik tentang manfaat telur yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Telur baik untuk mata. Menurut sebuah studi, sebutir telur sehari bisa mencegah degenerasi makula (bagian dari retina yang memungkinkan mata melihat detil-detil halus pada pusat lapang pandang)  karena karotenoid yang dikandungnya , khususnya lutein dan zeaxanthin. Kedua zat gizi lebih mudah didapat pada telur daripada dari sumber lain.
  2. Pada penelitian yang lain, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang mendapat asupan telur setiap hari menurunkan resiko mengalamai katarak. Hal ini juga karena kandungan karotenoid pada telur.
  3. Sebutir telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi serta 9 asam amino penting.
  4. Berdasarkan penelitian Harvard School of Public Health, tidak ada hubungan yang signifikan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung. Kenyataannya, berdasarkan studi, konsumsi telur secara berkala dapat membantu mencegah penggumpalan darah, stroke dan serangan jantung.
  5. Telur kaya dengan unsur choline, yang merupakan nutrisi penting bagi otak, jaringan syaraf dan sistem cardiovascular. Sebuah kuning telur mengandung sekitar 300 microgram choline.
  6. Telur mengandung lemak yang baik bagi tubuh. Sebutir telur hanya mengandung 5 gram fat dan diantaranya hanya 1,5 gram lemak jenuh.
  7. Berseberangan dengan pemahaman sebelumnya, riset terbaru menyatakan, konsumsi normal telur tidak mempengaruhi tingkat kolesterol. Kenyataannya, studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi rutin dua butir telur sehari tidak mempengaruhi profil lipid seseorang dan mungkin justru memperbaikinya. Penelitian menunjukkan bahwa justru lemak jenuhlah yang meningkatkan kolesterol.
  8. Telur adalah satu-satunya bahan makanan yang secara alami mengandung vitamin D.
  9. Telur dapat mencegah kanker payudara. Satu penelitian menyatakan, wanita yang mengkonsumsi setidaknya 6 butir telur dalam seminggu, menurunkan resiko kanker payudara sebanyak 44%.
  10. Telur sehat untuk rambut dan kuku, karena kandungan sulfur yang tinggi serta vitamin dan mineral didalamnya. Banyak orang menemukan bahwa rambut mereka tumbuh lebih cepat saat memasukan telur dalam daftar diet mereka, khususnya jika mereka sebelumnya kekurangan asupan sulfur atau B12 pada makanan mereka.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu