dalam kategori | Pola Hidup

10 cara membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dalam 10 menit

10 cara membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dalam 10 menit

Daftar to-do list yang panjang, sering kali membuat kita tiba-tiba tidak berenergi. Atau mungkin pekerjaan rumah yang seolah tak ada habisnya, akan membuat hari-hari kita menjadi sangat menjemukan. Tenang, tak perlu merasa menyesali pilihan yang diambil untuk menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga. Dua-duanya adalah pilihan yang tepat.

Sebenarnya kita hanya perlu mencari trik simpel yang bisa dengan cepat memasok energi ke dalam tubuh. Dan saat pasokan energi berlimpah, kita pasti akan lebih bersemangat hingga menikmati semua yang kita kerjakan, baik itu di kantor maupun di rumah. Prevention punya 10 cara membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan berenergi hanya dengan meluangkan waktu 10 menit. Mari, kita coba bersama!

1. Katakan selamat pagi pada matahari. Di pagi hari, luangkan 10 menit pertama kita untuk merasakan hangatnya matahari. Sinar matahari yang hangat akan direspon tubuh dengan memproduksi hormon serotonin yang membuat kita lebih bersemangat. Dan bonusnya, hormon serotonin juga akan membuat kita tidur nyenyak di malam hari. Istirahat yang cukup juga salah satu faktor pembentuk semangat sepanjang hari.

2. Manfaatkan anak-anak tangga. Cobalah untuk naik-turun tangga selama 10 menit. Tujuannya, agar jantung kita berdetak lebih cepat. Ini adalah saran dari Christine Gerbstadt, MD., RD., juru bicara American Dietetic Association. Dan ketika jantung berdetak sedikit lebih cepat, aliran darah akan optimal mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh serta otak. Setelah itu, efek otak ‘berkabut’ alias jenuh akan hilang seketika.

3. Minumlah secangkir kopi. Bukan rahasia lagi, kopi memang minuman yang akan membuat kita ‘terjaga’. Dan David Leopold, MD., direktur dari Integrative Medical Education di Scripps Center for Integrative Medicine, San Diego, menyarankan agar kita menikmati espresso. Mengapa? “Espresso adalah ekstrak kopi dengan kandungan antioksidan yang tinggi,” jawabnya.

4. Pecahkan misteri teka-teki silang. Saat kita sedang jenuh, melakukan aktivitas lain adalah cara efektif untuk kembali bersemangat. Dan teka-teki silang adalah cara pengalihan rasa jenuh yang sangat murah.

5. Lakukan peregangan. Duduk terlalu lama akan membuat otot-otot tubuh menjadi kaku. “Dan otot juga butuh relaksasi, jadi lakukanlah peregangan,” ucap Tanya Edwards, MD., dokter dari Center for Integrative Medicine di Cleveland Clinic, Ohio. Saat otot-otot kembali rileks, maka pembentukan energi akan berjalan maksimal.

6. Coba virtual vacation. Ingin liburan singkat tanpa meninggalkan meja kerja? Caranya? Sangat mudah. Pejamkan mata dan bernapaslah dengan perlahan. Lalu bayangkan tempat liburan yang ingin dikunjungi. Hadirkan detailnya melalui membayangkan aroma tempat liburan dan hal-hal apa saja yang akan kita lakukan di sana. Misalnya, bagi kita yang menyukai pantai, bayangkan suara desiran ombak dan angin pantai yang menyentuh pipi dengan lembut. Setelah itu, dengan perlahan buka mata pada hitungan ketiga.

7. Membaca puisi. Bagi yang suka membaca, ini adalah salah satu pengalihan rasa lelah yang pas. Tapi karena kita hanya punya waktu 10 menit, maka membaca puisi sangat disarankan. Nikmati setiap kata-kata yang ditawarkan penulisnya dan rasakan energi yang kembali berkumpul di dalam tubuh.

8. Tertawalah. Semua orang pasti sepakat, derai tawa akan membuat kita kembali bersemanngat. Bisa dengan berbagi cerita lucu dengan teman atau melihat video lucu di youtube, akan menjadi cara praktis menghadirkan tawa pada padatnya pekerjaan kantor.

9. Dengarkan musik. Buatlah daftar lagu-lagu yang dengan cepat dapat merubah mood kita yang jelek menjadi lebih bersemangat. Simpan lagu-lagu itu pada komputer, laptop, atau iPod, sehingga setiap saat butuh menghadirkan 10 menit yang penuh semangat, kita tinggal klik dan kembali bersemangat.

10. Jalan cepat. “Jalan cepat adalah olahraga paling praktis yang tak hanya membakar kalori dengan cepat, tapi juga membuat kita lebih bersemangat,” ucap Gerbstadt. (Siagian Priska)

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu